Perkenalkan: Radio Ruang

Sebagai publikasi garda depan yang menolak katro, tentu kami harus terus-terusan menjajal format-format baru untuk menyampaikan propaganda ide-ide kiwari seputar kesenian dan kebudayaan.

Ada salah satu format yang menarik perhatian kami: podcast.

Kenapa podcast?

Kami menyadari banyak audiens kami amat sibuk. Enggak sedikit kawan yang harus megang banyak pekerjaan sekaligus supaya magic jar tetap ngebul.

Dengan podcast, mereka bisa tetap mendapatkan pengetahuan dan asupan ide sembari mengerjakan pekerjaan lain. Melalui podcast, kita juga bisa ngobrolin sejuta persoalan kebudayaan dengan lebih cair. Lagipula, kami emang pada dasarnya senang gosip soal beginian. Cuma dulu di kantin kantor, sekarang pindah ke podcast.

Sekali tampol, dua-tiga tembok teruntuhkan!

Oke, oke. Lalu, podcast kalian akan bicara tentang apa?

Sejauh ini, ada beberapa ide:

  • Kelindan seni dengan kehidupan sehari-hari
  • Bagaimana musik dapat menjadi katalis yang membantu menyembuhkan trauma
  • Bagaimana film dapat merawat ingatan kolektif
  • Bagaimana buku dapat membuka ruang untuk suara-suara yang termarjinalkan

Tapi, kami juga mau dengar pendapat kalian. Apa sih yang mau kalian dengar? Langsung saja colek Argia, Tomo, atau Raka di Twitter dan beri tahu kami pendapatmu.

JARINGAN SINIAR RUANG

Tiap orang bisa bikin podcast. Tapi bikin podcast yang isinya terus-terusan segar, bisa dipertanggungjawabkan, dan tidak disesaki pesan titipan sponsor? Hmm.

Ada banyak kerja yang menopang sebuah podcast. Para pengampu podcast butuh dana untuk riset, menyewa alat produksi, dan membayar semua yang urun tenaga untuk memproduksi episode tersebut.

Kami ingin membangun suatu model yang lebih tahan lama dan independen. Nah, di situlah pentingnya berjejaring.

Berjejaring dapat membantu para anggotanya saling berbagi alat-alat dan pengetahuan produksi. Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Gotong royong, kalau kata leluhur-leluhur kita.

Semua orang bisa turut serta mendukung podcast kami dan semua kerja-kerja Ruang lainnya. Kamu bisa menyumbang untuk program favoritmu di Karya Karsa, serta mendiskusikan ide podcast yang ingin kamu dengarkan bateng Argia, Tomo, atau Raka.

Yuk!